11 Nilai Berita Jurnalistik


Foto Jurnalistik

Foto jurnalistik merupakan sebuah foto yang mengandung berita atau dapat pula dikatakan sebagai berita dalam bentuk foto. Fotografi jurnalistik biasanya secara khusus diambil untuk menggambarkan sebuah peristiwa aktual secara akurat. Sebuah foto jurnalistik yang baik harus memiliki tema yang ingin diberitakan atau ditonjolkan, serta dapat menyampaikan tema tersebut  dalam bentuk visual kepada pembacamya dengan baik (baca juga: kriteria ragam berita). Foto jurnalistik memiliki karakteristik tersendiri, yaitu:  aktual (peristiwa terbaru), faktual (asli, bukan rekayasa), penting, menarik dan berhubungan dengan berita.

11 Nilai Berita dalam Jurnalistik

Berita merupakan suatu laporan yang berisi informasi mengenai sesuatu yang baru, atau sedang terjadi. Berita bisa disampaikan dalam bentuk cetak, siaran, internet atau dari mulut ke mulut. Berita sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat luas. Namun tidak semua informasi mengenai sesuatu yang terjadi di dunia ini layak diangkat menjadi sebuah berita. Ada nilai – nilai tertentu yang harus dipenuhi agar sebuah  berita dianggap penting untuk disiarkan melalui media massa
Informasi mengenai lahirnya seorang anak tetangga kita mungkin merupakan sebuah berita yang penting bagi seisi kompleks, namun itu bukan berita yang penting untuk diliput media massa. Tidak banyak orang yang akan tertarik membacanya, kecuali jika misalkan tetangga kita seorang selebriti, atau ada yang unik dan tak biasa dalam kelahiran tersebut. Hal-hal semacam itu lah yang dimaksud dengan nilai berita.

Cukup banyak ahli yang mengemukakan nilai berita, berikut ini Pakar Komunikasi akan merangkum 11 nilai berita; yang penting keberadaannnya dalam sebuah berita agar berita layak untuk diliput.
  1.         Magnitude


Luasnya pengaruh suatu berita bagi masyarakat (Magnitude) menentukan apakah berita bernilai atau tidak. Contohnya berita tentang gempa bumi di Aceh akan lebih bernilai daripada berita kecelakaan motor di jalan raya. Sebab gempa bumi di Aceh memiliki pengaruh yang lebih luas bagi masyarakat dibandingkan sebuah kecelakaan pengendara motor biasa. (Foto Mesjid di Aceh yang masih bertahan setelah di hantam tsunami 2006 )


     2.            Kedekatan

Kedekatan suatu berita dengan pembacanya (Proximity) akan mempengaruhi ketertarikan masyarakat terhadap suatu berita. Ada dua macam kedekatan, yaitu kedekatan secara geografis dan kedekatan psikologis. Contoh foto jurnalistik dengan unsur kedekatan adalah foto peningkatan aktifitas Gunung Agung yang memiliki kedekatan dengan masyarakat Bali.
  
      3.       Aktual     

 Keaktualan sebuah berita sangat penting. Berita akan jauh lebih menarik perhatian mayarakat ketika berita tersebut masih hangat dibicarakan, belum lama/ sedang terjadi. Semakin aktual sebuah berita, semakin tinggi pula nilai berita tersebut. Terdapat tiga kategori aktual, yaitu aktual kalender, aktual waktu dan aktual masalah.
Aktual kalender contohnya berita tentang peringatan tahun baru 2018 yang diadakan di Bali Singaraja.

1            4.       Dampak

Seberapa besar dampak (impact) suatu kejadian; seberapa banyak orang yang terkena dampak, seberapa luas, seberapa lama pula dampak tersebut dirasakan. Semakin besar dampak dari suatu peristiwa, maka akan semakin tinggi pula nilai beritanya.

Contohnya berita mengenai aksi teroris yang mengguncang Ibukota Indonesia yaitu Jakarta yang terjadi 14 Januari 2016 di Tamrin, ini sangat berdampak bagi aktifitas daerah ibukota selama berbulan bulan dan membuat trauma bagi masyarakat Indonesia.

1             5.       Keluarbiasaan

Sesuatu yang unik, aneh dan tidak biasa (unusualness) tentu akan lebih menarik banyak perhatian dibanding hal yang umum terjadi. Keluarbiasaan suatu kejadian dapat dilihat dari aspek lokasi, waktu terjadinya, dan dampak yang ditimbulkannya.  Contoh aspek lokasi, pohon sakura yang berbunga di Indonesia akan lebih menarik dari pada pohon sakura di Jepang.
Dari segi waktu terjadi, contohnya kejadian 3 fenomena bulan dalam waktu bersamaan pada 31 januari 2018, kejadian ini terjadi setiap 152 tahun sekali.

               6.        Ketokohan

Berita mengenai public figure seperti artis, kepala negara/ daerah, ilmuwan, atau seseorang yang dianggap sebagai pahlawan merupakan berita yang bernilai. Semakin terkenal sesorang, maka beritanya akan semakin bernilai. Contohnya berita tentang kepahlawanan BJ Habibi yang membanggakan dan memajukan Indonesia dimata dunia Internasional.


1             7.       Kemanusiaan


Berita mengenai kemanusiaan selalu menimbulkan ketertarikan masyarakat (human interest). Berita dengan nilai kemanusiaan mampu  menyentuh perasaan pembacanya. Nilai kemanusiaan biasanya terletak pada perbedaan dari seorang individu atau kelompok individu dibandingkan masyarakat umum. Contoh berita dengan nilai kemanusiaan adalah berita mengenai perjuangan seorang anak warga  Palestina di jalur Gaza dalam mempertahankan hidupnya ditengah infansi militer dari Israel.



1              8.        Konflik

Konflik selalu terjadi dalam kehidupan manusia. Konflik merupakan sumber berita yang tak pernah ada habisnya. Contohnya konflik antara warag Gaza dan Palestina menjadi sorotan dunia internasional.

1            9.        Kejutan

Peristiwa yang mengejutkan, yang tidak disangka – sangka akan terjadi (suprising) merupakan sebuah berita yang bernilai. Contohnya mengenai kemenangan Timnas Portugal di Event sebesar Euro 2016 di France yang membuat sorotan dunia 



         10.       Skandal

Sex adalah berita dalam dunia jurnalistik (sex is news). Segala sesuatu yang berhubungan dengan sex mampu menarik perhatian orang banyak. Contohnya berita tentang Habib Riziq yang melakukan penyimpangan sex dengan Firza yang menjadi sorotan Indonesia dimana Habib Riziq merupakan Tokoh yang menentang penyimpangan sex.


1              11.       Informasi


 Informasi dalam berita sangat penting, berita harus memberikan informasi yang jelas dan dapat dipercaya bagi pembacanya. Informasi dapat menghilangkan ketidakpastian yang terjadi di masyarakat. Contohnya informasi mengenai pemotongan gaji PNS muslim untuk zakat.



SUMBER

(5 Mei 2017).Nilai Berita.Diperoleh tanggal 2 Maret 2018, dari: https://pakarkomunikasi.com/nilai-berita
(24 Desember 2014).Tsunami. Diperoleh tanggal 2 Maret 2018,  dari: http://www.abc.net.au/news/2014-12-24/boxing-day-tsunami-then-now-photos/5875900
(30 Desember 2016).Bom Sarinah Thamrin. Diperoleh 2 Maret 2018, dari: https://beritagar.id/artikel/berita/bom-sarinah-thamrin
(Februari 2018).Fenomena Gerhana Bulan langka. Diperoleh 2 Maret 2018, dari:  https://tirto.id/gerhana-bulan-total-31-januari-dan-fenomena-langka-152-tahun-cDNp
(18 Januari 2014). Pahlawan Teknologi. Diperoleh 2 Maret 2018, dari: http://smartgoesmart.blogspot.co.id/2014/01/kepahlawanan-b-pahlawan-teknologi-tanpa.html
(8 Desember 2018).Fakta fakta rujukan. Diperoleh 2 Maret 2018 , dari : http://syahlanbro.blogspot.co.id/2012/12/fakta-fakta-rujukan-25-tahun-intifadhah.html
(11 Juli 2016). Portugal Memenagi Euro 2016. Diperoleh 2 Maret 2018,  dari: https://www.cnnindonesia.com/gempitaeuro/20160711052928-420-143997/portugal-si-jawara-eropa-yang-jarang-menang/

(9 Februari 2018). Pemotongan gaji PNS untuk zakat. Diperoleh 2 Maret 2018, dari: https://economy.okezone.com/read/2018/02/09/320/1857311/pemotongan-gaji-pns-untuk-zakat-bertentangan-dengan-uu





Komentar

Postingan Populer