Foto Jurnalistik Terbaik


“Hope for a New Life”

Foto lelaki memindahkan bayi melewati pagar berduri
Foto ini saya pilih sebagai foto jurnalistik terbaik karena proses pengambilan, moment, waktu, dan keadaan yang sangat sulit bagi jurnalistik manapun untuk mengambilnya. Foto ini dapat menjelaskan dengan dalam bagaimana keadaan pada saat itu, dengan satu foto ini kita dapat tahu apa arti kehidupan yang sebenarnya selaras dengan judul foto yang diberikan oleh jurnalistik yaitu “Hope for a New Life”
Foto ini dipotret oleh Warren Richardson, fotografer asal Australia di perbatasan Hungaria dan Serbia pada 28 Agustus 2015 silam. Foto ini menunjukkan proses pengambilan yang harus ekstra hati hati saat ada sekitar 200 orang pengungsi yang mencoba melintasi perbatasan di pagi-pagi buta.

Sang pemotret sengaja tidak menggunakan lampu flash karena mereka harus berhati hati dengan polisi yang mengejar para pengungsi ini. Alhasil Warren pun hanya bisa mengandalkan cahaya bulan yang temaram untuk mengabadikan momen dramatis tersebut.
Karya ini menyingkirkan lebih dari 82 ribu foto karya 5.775 fotografer dari seluruh dunia, yang juga diikut sertakan dalam kontes foto 2016 oleh World Press Photo. Foto ini memenangi penghargaan utama sebagai World’s Best News Photo, foto karya Warren ini juga meraih first prize untuk kategori Spot News.

SUMBER:
http://theinspirationroom.com/daily/2016/world-press-photo-hope-for-a-new-life/

Komentar

Postingan Populer